Mengenal Sistem Operasi Komputer

Taukah anda bahwa setiap PC (Personal Computer) harus tertanam sebuah sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya "Operating System" dan sering disebut juga dengan OS. Lalu apa yang dimaksud sistem operasi itu, apa kegunaannya, dan seberapa penting sistem operasi itu? dalam artikel ini saya akan mencoba menjelaskan tentang sistem operasi.




Pertama-tama saya mulai dari pengertiannya terlebih dahulu, akan tetapi disini saya akan memberikan 2 pengertian namun pada dasarnya intinya sama..

Pengertian 1
Sistem operasi  adalah sebuah perangkat lunak atau software yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan bagi pengguna komputer dalam mengoperasikan/menggunakan komputer.

Pengertian 2
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai dasar pengoperasian komputer, sehingga lalu lintas data bisa berjalan dengan lancar dan memungkinkan terjadinya komunikasi antara komputer dengan pengguna.

Jadi bila kita ibaratkan dengan sebuah botol dan air, maka sistem operasi adalah botolnya sedangkan program aplikasi adalah airnya

Setelah mengetahui apa itu sistem operasi, selanjutnya saya akan jelaskan jenis sistem operasi berdasarkan interface (Tampilan). Sistem operasi memiliki 2 jenis interface yaitu Command Line interface (CLI) atau bisa juga disebut dengan Text Base Shell dan Graphical User Interface (GUI). Apa maksud CLI dan GUI berikut penjelasannya.

Sistem operasi berbasis CLI adalah sistem operasi yang semua perintahnya menggunakan tulisan/teks. Contoh : DOS, Debian Server, Ubuntu Server, UNIX. Berikut adalah contoh tampilan OS berbasis CLI.




Sistem operasi berbasis GUI adalah sistem operasi yang perintahnya menggunakan gambar/ikon-ikon tertentu dan tulisan. Contoh : Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8, Macintosh, Ubuntu GUI, Debian GUI. Berikut adalah contoh tampilan OS berbasis GUI.




Setelah mengetahui jenis interface dari sistem operasi, berikutnya dilanjut dengan penjelasan tentang peranan dan fungsi sistem operasi. Berikut penjelasannya.
  1. Sebagai Kernel, yaitu program yang secara terus-menerus berjalan (Running) selama komputer dijalankan.
  2. Sebagai Guardian, yaitu menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberikan pengawasan terhadap proses pembacaan, penulisan/eksekusi data dan program.
  3. Sebagai Gotekeeper, yaitu mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dilakukan ketika telah masuk dalam sistem.
Dari penjelasan yang sudah saya jabarkan diatas tentang Mengenal Sistem Operasi semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jangan lupa untuk share artikel ini. Terima kasih.

Artikel Terkait