Cara Blokir Website pada Mikrotik



Banyak website ataupun situs-situs yang sangat bermanfaat dan banyak ilmu yang dapat diambil didalamnya, namun juga banyak pula yang disalah gunakan misalnya situs porno, perjudian, atau lainnya yang berdampak negatif. Blokir disini bukan berarti mematikan situs/website untuk selamanya dan tidak bisa diakses lagi, melainkan hanya tidak bisa dibuka dijaringan yang sudah disetting/dikonfigurasi agar tidak bisa membukanya.

Dalam tutorial ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara memblokir situs-situs atau website yang ada di internet, misalnya disini saya akan memblokir youtube agar tidak bisa diakses di jaringan yang terhubung di router mikrotik saya.

Pertama, masuk ke Tab IP dan pilih Firewall, kemudian masuk ke tab Layer 7 Protocol dan klik +




Kedua, masukan pada kolom name : nama situs/website yang akan diblokir, dan untuk kolom dibawahnya masukan domain dari situs/website yang akan diblokir dan klik Apply dan OK.



Ketiga, Pindah ke Tab Filter Rules dan masuk ke Tab General dan atur Chain menjadi Forward.



Keempat, masih  di Tab yang sama, pindah ke Tab Advanced dan atur Layer 7 Protocol menjadi nama situs yang akan diblokir



Kelima, masih di Tab yang sama, pindah ke Tab Action dan atur Action menjadi drop klik Apply dan OK.




Keenam, coba buka website/situs yang sudah diblokir, maka website/situs tersebut hanya loading lama dan bahkan tidak bisa loding sama sekali dan langsung gagal.



Lihat juga tutorial ini dalam bentuk video yang sudah saya upload dibawah ini.



Itulah penjelasan singat mengenai Cara Blokir Website pada Mikrotik, bila ada yang kurang jelas silakan ditanyakan dikolom komentar.

Artikel Terkait