Ulangan Harian Teknik Jaringan

Berikut adalah contoh soal dan jawaban latihan ulangan harian Teknik Jaringan, tingkat Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Soal latihan ulangan harian :

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan IP Address !
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Network ID dan Host ID !
3. Tuliskan pembagian kelas alamat IP !
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Subnet Mask !
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Prefix !

Jawaban :

Jawaban No.1
IP Address/Internet Protocol Address merupakan bilangan binner yang terdiri dari 32 bit untuk IPv4 hingga 128 bit untuk IPv6 yang dipakai sebagai sebagai media untuk mengidentifikasi setiap komputer yang terhubung dengan jaringan komputer.

Jawaban No.2
Network ID adalah bagian dari IP address yang menunjukkan di jaringan mana komputer tersebut berada sedangkan host ID menunjukkan workstation, server, router, dan semua host TCP/IP lainnya dalam jaringan tersebut, sedangkan Host ID adalah IP Address yang dapat digunakan untuk client/user. berikut adalah contoh Network ID dan Host ID pada alamat IP kelas C.

Jawaban No.3
IP address kelas A terdiri dari 8 bit untuk network ID dan sisanya 24 bit digunakan untuk host ID. IP address kelas A ini digunakan untuk jaringan dengan jumlah host sangat besar. Pada bit pertama berikan angka 0 sampai dengan 127. Berikut adalah contoh IP kelas A.

IP address kelas B terdiri dari 16 bit untuk network ID dan sisanya 16 bit digunakan untuk host ID. IP address kelas B ini digunakan untuk jaringan dengan jumlah host tidak terlalu besar. Pada 2 bit pertama berikasan angka 10 sehingga bit awal IP tersebut mulai dari 128 – 191. Berikut adalah contoh IP kelas B.

IP address kelas C terdiri dari 24 bit untuk network ID dan sisanya 8 bit digunakan untuk host ID. IP address kelas C ini digunakan untuk jaringan untuk ukuran kecil. Kelas C biasanya digunakan untuk jaringan Local Area Network. Pada 3 bit pertama berikan angka 110 sehingga bit awal IP tersebut mulai dari 192 – 223.

IP Address kelas D digunakan untuk multicasting yaitu penggunaan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer, dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0 sampai 239.255.255.255.

IP Address kelas E, IP Address kelas E ini memiliki range dari 240.0.0.0 hingga 255.255.255.255. IP Address kelas E ini digunakan untuk eksperimen yang dipersiapkan untuk penggunaan IP Address yang akan mendatang.

Jawaban No.4
Subnet Mask adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada angka perduaan (binary) 32 bit yang digunakan untuk membedakan ID jaringan (network ID) dengan ID induk, yakni: menunjukkan letak suatu induk, entah berada di jaringan setempat atau di jaringan luar.

Jawaban No.5
Prefix adalah sebuah cara yang digunakan untuk merepresentasikan sebuah subnet mask dengan menggunakan bit yang mendefinisikan network identifier sebagai sebuah network prefix dengan menggunakan notasi network prefix.


Dari penjelasan yang saya jabarkan di atas tentang Contoh Latihan Soal Ulangan Harian semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terutama bagi siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Artikel Terkait